Tips Public Speaking untuk Memikat dan Memukau Banyak Audiens [Lengkap] - Berbagi Optimis

Terbaru

Search Bar

Selasa, 27 Maret 2018

Tips Public Speaking untuk Memikat dan Memukau Banyak Audiens [Lengkap]



Menurut para ahli, berbicara di depan umum adalah salah satu keahlian yang paling penting dan bermanfaat untuk karir Anda. Ini membantu meningkatkan kepercayaan diri dan membentuk persepsi orang lain tentang Anda ketika Anda menyampaikan presentasi.

studybreaks.com

Meskipun
berbicara di depan umum memiliki manfaat yang banyak, namun menurut para ahli, sekitar 80% orang menjadi semakin gugup dan kehilangan tidur sebelum mereka menghadapi momen besar dalam berbicara di depan. Beberapa ahli bahkan menyatakan bahwa ketakutan akan kematian lawan bicara di depan umum. Namun, kebanyakan orang akan ditempatkan dalam situasi di mana mereka akan diharapkan untuk berbicara di depan orang banyak dan momen-momen ini terkadang dapat menentukan karier.

Berikut ini panduan langkah demi langkah yang mudah diikuti (dengan semua kiat berbicara publik yang Anda butuhkan) tentang bagaimana Anda dapat mengatasi rasa takut Anda berbicara di depan umum dan mengesankan audiens Anda bahkan jika Anda seorang pemula.

1. Persiapkan presentasi Anda

Ketakutan terbesar seorang pembicara adalah melihat bahwa penonton bosan atau tidak mendapat nilai dari pidato. Inilah sebabnya mengapa mempersiapkan presentasi Anda sangat penting.

Berikut beberapa langkah mudah untuk mempersiapkan dan meneliti presentasi Anda:

Identifikasi konteks acara

Misalnya, jika Anda berbicara di konferensi industri tentang Teknologi AI - Anda dapat yakin bahwa audiens Anda akan menyertakan praktisi dan teknisi di ruang tersebut. Mendaur ulang konten dasar tentang industri mereka yang sudah mereka ketahui adalah cara yang pasti untuk cepat kehilangan perhatian mereka.

Sebaliknya, mungkin Anda ingin memperkenalkan ide-ide besar yang menantang apa yang sudah mereka ketahui tentang industri saat ini dan di mana ia sedang bergerak.

Ketika Steve Jobs secara terkenal meluncurkan iPhone di Konferensi Pengembang Seluruh Dunia 2007, dia menangani norma-norma industri tombol yang ada di ponsel. Tak perlu dikatakan, pertaruhannya membuahkan hasil dan menetapkan dasar dari ponsel pintar yang sekarang kita kenal sekarang:







Namun, gaya presentasi Steve mungkin tidak untuk semua orang, terserah Anda sebagai presenter untuk memutuskan cara terbaik menyampaikan pidato Anda ketika saatnya tiba.

Ketahui demografi penonton

Penting untuk mengetahui demografi audiens Anda karena menentukan bagaimana Anda dapat membuat nada Anda cocok dan konten dapat dihubungkan dengan mereka.

Jika Anda berbicara kepada pemirsa dari generasi tertentu, pertimbangkan untuk menyertakan contoh yang akan beresonansi dengan mereka. Misalnya: ketika berbicara dengan kaum milenial, cobalah referensi berita terbaru tentang perkembangan teknologi yang mereka gunakan setiap hari (misalnya SnapChat atau Netflix) agar lebih relevan bagi mereka.

Mengatur konten Anda

Anda dapat memiliki ide-ide terbaik. Tetapi jika mereka tidak diurutkan dalam urutan yang benar, Anda pada dasarnya kembali ke titik awal.

Sebagian besar ahli setuju bahwa berbagai presentasi mengikuti 'cerita busur' yang berbeda di mana mereka biasanya jatuh dalam tiga tindakan besar: Mulai (atau pikat), Menengah dan Kesimpulan.

Struktur ini dapat ada dalam berbagai cara seperti kerangka kerja Masalah, Solusi, Call-To-Action untuk penjualan. Kami melihat ini dicerminkan oleh banyak presenter di mana mereka membuat suatu masalah yang perlu diperhatikan sebelum membahas masalah ini dengan produk atau metode.

Setelah Anda memutuskan ide yang ingin Anda keluarkan, mulailah mengaturnya dalam urutan yang akan membuat audiens bergantung pada setiap kata Anda. Dalam video ini, Aimee Mulins menceritakan kisah tentang kemalangan diikuti dengan resolusi di kemudian hari:


2. Kembangkan presentasi yang akan memukau audiens Anda

Memilih topik yang bagus dan menaklukkan ketakutan panggung Anda adalah setengah dari pertarungan yang dimenangkan dalam public speaking. Menyatukan semuanya dalam presentasi yang mengalir dengan baik dan menarik audiens Anda adalah apa yang membedakan pidato blockbuster versus pembicaraan loyo.

Mulailah kuat

Sudah dikatakan bahwa 30 detik pertama dari presentasi Anda menentukan apakah pemirsa ingin mendengarkan Anda atau tidak.

Berikut adalah beberapa cara yang terbukti untuk menarik perhatian audiens Anda:

Mulai dengan anekdot.
Jika Anda dapat menarik relevansi dengan topik pidato Anda - berbagi cerita cepat yang terkait dengan topik adalah cara yang bagus untuk tampil lebih menarik dan mengarahkan audiens ke lucunya Anda.


Gunakan analogi. Analogi adalah cara yang menyenangkan dan menarik untuk memulai presentasi Anda. Membandingkan dua hal yang tampaknya tidak berkaitan dapat membantu membangun sebuah kasus untuk apa yang akan Anda katakan selanjutnya. Tidak hanya itu, akan sangat membantu jika Anda perlu menjelaskan situasi kompleks yang mungkin tidak dipahami oleh audiens Anda.

Gunakan kutipan yang mudah diingat. Dimulai dengan kutipan yang mudah diingat dapat membantu meningkatkan kredibilitas Anda dan memperkuat klaim Anda sendiri terutama jika berasal dari tokoh atau ahli yang terkemuka. Ini juga dapat membantu menginspirasi penonton yang kemudian akan membuat mereka bersemangat tentang ide Anda. Hasil akhirnya? Itu membuat mereka lebih terlibat dengan presentasi Anda. Membunuh dua burung dengan satu batu!

Gunakan teknik bercerita

Presentasi hampir tidak pernah merupakan dialog satu arah. Anda akan ingin mengambil langkah-langkah untuk melibatkan penonton dan membuat presentasi menjadi sebuah percakapan.

Cobalah mengajukan pertanyaan provokatif atau gunakan alat peraga. Mengajukan pertanyaan di atas panggung dengan melibatkan audiens Anda dan juga menunjukkan bahwa Anda menghargai pendapat mereka tentang berbagai hal. Dalam beberapa kasus, membuat audiens Anda memvisualisasikan masalah mungkin lebih efektif ditunjukkan daripada berteori.

Bill Gates adalah contoh ikon tentang bagaimana menggunakan alat peraga dapat benar-benar mendorong pesan ketika ia melepaskan segerombolan nyamuk selama pidatonya untuk mengkomunikasikan bagaimana orang-orang dari negara-negara dengan tingkat infeksi malaria yang tinggi merasakan:

Gunakan alat bantu visual secara efektif

Alat bantu visual seperti slide presentasi adalah kesempatan untuk meningkatkan dan mendorong pesan Anda dengan 43% tambahan untuk presentasi berdasarkan Prezi.

Terkadang meletakkan semua informasi pada slide dapat mencuri perhatian penonton. Untuk mencegah hal itu, Anda dapat menggunakan gambar menggugah yang mendukung pidato Anda untuk mengangkut anggota audiens ke dalam adegan tertentu atau menggambar analogi untuk pesan yang relevan.

3. Atasi kegelisahan dan demam panggung Anda

Bayangkan ini: beberapa saat sebelum pidato Anda, detakan jantung Anda berdebar-debar untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi selanjutnya. Anda melangkah di belakang podium dan semua mata tertuju pada Anda. Tekanan menjadi luar biasa dan Anda membeku, tidak dapat mengucapkan satu kata pun.

Sudah lama diketahui bahwa public speaking mengungguli bahkan kematian sebagai ketakutan teratas bagi sebagian besar individu. Ini kemudian mengarah ke pertanyaan – bagaimana para profesional membuatnya terlihat mudah?

Rangkullah kegelisahan Anda

Kebenarannya adalah semua orang menjadi gugup, bahkan pembicara berpengalaman. Seperti yang dikatakan Mark Twain dengan sangat baik:
 "Ada dua jenis pembicara: mereka yang gugup dan mereka yang berbohong."
Mengingat dan merangkul bahwa Anda akan selalu mendapatkan kegelisahan yang mengarah ke presentasi Anda adalah setengah dari pertarungan yang dimenangkan. Belajarlah untuk memanfaatkan adrenalin dan energi untuk berinteraksi dengan audiens Anda sejak dini.

Bersikap komunikatif dan otentik

Sangat mudah untuk melakukan percakapan dengan seseorang dalam bentuk komunikasi personal empat. Berbicara di depan umum tidak harus berbeda. Bayangkan berbicara dengan satu anggota audiens pada saat Anda di atas panggung dan Anda akan menemukan bahwa lebih mudah mencoba terhubung ke satu orang pada satu waktu daripada seluruh ruangan.

Presenter seperti Elon Musk terkadang tampil lucu di atas panggung, tetapi selalu otentik. Dia berbicara langsung kepada penonton dan dalam bahasa yang mereka pahami:


Ketahui konten Anda

Mengetahui konten Anda di ujung jari Anda membantu mengurangi kecemasan Anda karena ada satu hal yang perlu dikhawatirkan. Jadi, satu cara untuk sampai ke sana adalah berlatih berkali-kali sebelum pidato Anda yang sebenarnya. Namun, Anda tidak ingin menghafal skrip Anda kata demi kata. Ini dapat bekerja melawan Anda jika Anda lupa konten Anda.

Sebaliknya, hafalkan konsep-konsep atau ide-ide yang berlebihan di lapangan karena membantu Anda berbicara lebih alami. Ini akan membuat kepribadian Anda bersinar. Berbicara dengan tepat dari skrip yang diingat dapat membuat Anda terdengar kaku dan robot.

Namun, jika Anda perlu memiliki referensi kalau-kalau Anda lupa pidato Anda, tidak apa-apa untuk memiliki petunjuk dalam slide atau kartu petunjuk Anda.

Mulailah kata-kata Anda saat berlatih

Metode lain yang digunakan sebagian besar pembicara untuk menanamkan presentasi mereka ke dalam hati nurani mereka adalah dengan mengucapkan kata-kata saat mereka berlatih.

Anda tidak hanya mulai secara naluriah menghafal presentasi Anda setiap kali Anda berlatih, tetapi juga membantu dalam memori otot ketika Anda perlu menyampaikan pidato di panggung secara alami.

4. Memberikan pidato yang mengesankan

Kami telah beralih dari persiapan untuk presentasi, menemukan cara untuk melibatkan audiens Anda dengan presentasi dan melawan demam panggung. Semua yang tersisa adalah untuk pembicara untuk mencuri pertunjukan dengan memberikan kinerja yang mengesankan selama pidato.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memastikan Anda dalam kondisi prima saat pertunjukan: 

Isyarat tangan

Pembicara kawakan bersumpah dengan ini dan speaker amatir menggunakannya untuk sukses besar.

Hand gesturing adalah cara yang bagus untuk menghindari terlihat kaku dan canggung di atas panggung. Ujung kunci adalah memegang tangan Anda tinggi di atas pinggang Anda setiap saat dan biarkan tangan Anda memberi isyarat secara alami saat Anda berbicara. Ini membuat Anda terlihat lebih percaya diri dan juga terlibat dengan pemirsa.

Bahasa tubuh

Apa yang sama-sama dimiliki oleh pembicara hebat adalah seberapa yakin mereka. Sama seperti manusia lain di luar sana, orang-orang ini juga mendapatkan kegugupan sebelum setiap pidato - bahkan pembicara hebat seperti John F. Kennedy akan menghabiskan berbulan-bulan mempersiapkan pidatonya.

Kebanyakan orang berjuang untuk percaya diri dan tidak apa-apa. Tidak semua orang dapat berbicara dengan penuh percaya diri terutama di depan banyak orang. Tetapi kadang-kadang, keyakinan bukan hanya tentang bagaimana Anda berbicara tetapi melalui bahasa tubuh Anda.

Berdiri tegap dan dengan postur yang baik dapat melakukan keajaiban untuk keyakinan yang Anda rasakan dan kinerja aktual Anda. Menggunakan gerakan tangan yang besar dan berdiri tegap di atas kaki Anda, selebar bahu, membantu bahkan presenter yang paling gugup terbuka di panggung.

“Tubuh kita mengubah pikiran dan pikiran kita mengubah perilaku kita, dan perilaku kita mengubah hasil kita.” - Psikolog Sosial, Amy Cudd
Isyarat kecil seperti ini memberi tanda kepada audiens Anda bagaimana memikirkan dan merasakan tentang Anda dan apakah mereka harus mendengarkan Anda dalam beberapa detik pertama presentasi Anda. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bahasa tubuh Anda karena itu adalah batu loncatan untuk membuat Anda merasa atau setidaknya terlihat percaya diri - bahkan jika Anda tidak.

Nada suara

Suaramu memainkan peran penting dalam keberhasilanmu sebagai presenter. Menurut analisis penampilan media oleh 120 komunikator keuangan atas, suara suara pembicara dua kali lebih penting daripada isi pesan5 dan bahkan evaluasi menemukan salah satu pembicaraan TED yang paling populer menyimpulkan bahwa pembicara ini memiliki 30,5% vokal lebih tinggi. variasi dari pembicara lain yang kurang populer.

Pembicara teknis sangat fokus pada bagaimana mereka melatih suara mereka saat mereka mengartikulasikan kata-kata. Beberapa menggunakan nada yang lebih tinggi ketika mengkomunikasikan sebuah ide dengan energi dan nada yang lebih rendah dalam contoh-contoh yang serius.

Singkatnya, ini tentang mencocokkan emosi Anda dengan gagasan itu. Misalnya, jika Anda berbagi kisah sedih, masuk akal untuk mencocokkan suasana hati itu dengan suara Anda dengan nada dan volume yang lebih rendah.

Jeda dan penekanan

Jeda dan penekanan adalah alat yang ampuh di gudang presenter. Ketika digunakan dengan sengaja pada saat yang tepat, itu dapat menciptakan suar yang dramatis untuk lebih memperkuat apa yang telah Anda katakan, membuat audiens merenungkan suatu topik atau dapat menyediakan waktu bagi audiens untuk membiarkan pesan meresap. Ini pada dasarnya adalah 'penuh- berhenti 'atau' periode 'digunakan tetapi dalam kata yang diucapkan.

Lihat cara menguasai teknik jeda dari Brian Tracy:

Manajemen waktu

Mengakhiri terlalu dini atau terlalu terlambat dapat menimbulkan masalah bagi pembicara yang ada di jam untuk jadwal acara. Kadang-kadang, jadwal acara tertunda dan meninggalkan sedikit waktu bagi pembicara untuk menyampaikan pidato lengkap mereka.

Ujung kunci untuk menghindari momen yang serba salah adalah menjadi sangat familier dengan konten Anda dan mempraktekkan beberapa versi presentasi Anda dalam berbagai jangka waktu.

5. Simpulan

Dan begitulah, keempat langkah besar ini akan membantu Anda berbicara di depan umum.

Jangan menghindar dari kesempatan Anda berikutnya untuk berbicara di depan umum. Alih-alih, manfaatkan sepenuhnya peluang dan terapkan kiat public speaking ini:

  •     Pelajari audiens Anda sebelum menyiapkan topik Anda
  •     Kembangkan presentasi yang akan memukau audiens Anda
  •     Atasi kegelisahan dan demam panggungmu
  •     Tidak perlu mundur. Latihlah Suara Anda, bergerak dan atur waktu
 --

Tidak ada komentar:

Posting Komentar